Tips dan Kiat Dalam Menghadapi Lembur dalam Bekerja Yang Melelahkan

Tips dan Kiat Menghadapi Lembur Yang Melelahkan


Tak bisa dipungkiri jika banyak sekali karyawan mau pun pekerja yang dipaksa untuk lembur dan menyelesaikan pekerjaannya yang belum selesai di jam kantor, bahkan tidak jarang juga ada karyawan yang rela untuk lembur di hari libur demi menyelesaikan pekerjaannya. Namun sebenarnya tidak ada karyawan yang suka lembur dan cenderung ingin menghindarinya, meski ada pengecualian pada para pekerja keras atau biasa disebut dengan workhaholic.

Tapi para pekerja mau pun karyawan lebih menginginkan pulang tepat waktu atau malah menginginkan untuk bisa pulang lebih awal agar bisa segera bersantai di rumah dan menikmati waktu bersama dengan keluarga. Sehingga lembur sering menjadi beban yang sangat berat bagi hampir semua karyawan dan pekerja. 

Apalagi jika lembur dilakukan justru karena pekerjaan yang belum terselesaikan, anda tidak akan dianggap sebagai karyawan yang loyal namun justru akan dianggap sebagai karyawan yang lamban karena sering telat dalam menyelesaikan pekerjaan dan dianggap tidak bisa bekerja secara on time seperti yang seharusnya.

Maka dari itu ada baiknya jika anda menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya agar anda tidak perlu melakukan kerja lembur, namun meski begitu ada juga sebuah perusahaan yang menuntuk karyawan untuk melakukan kerja lembur hanya di waktu waktu tertentu seperti di akhir bulan.

Nah, agar anda tidak perlu lagi menghadapi kerja lembur yang melelahkan dan menghabiskan banyak waktu ada beberapa kiat dan tips yang bisa anda terapkan pada saat bekerja untuk menghindari lembur yang menyiksa. Berikut ini adalah tips dan kiat menghadapi lembur yang melelahkan.

1. Membuat Skala Prioritas

Untuk menghindari pekerjaan yang selesai tidak tepat waktu maka anda bisa membuat skala prioritas yang dilakukan pada lagi hari, lakukan tugas yang dianggap cukup penting dan berat di pagi hari pada saat anda masih berada dalam kondisi fresh lalu lakukan pekerjaan berikutnya sesuai prioritas yang sudah ditentukan hingga jam kerja berakhir maka semua tugas dan pekerjaan pun selesai tepat waktu.

Selain itu untuk menghindari lembur anda bisa memajukan deadline dari yang biasanya jam 6 menjadi jam 4, anda pun bisa datang lebih awal agar dapat menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu.

2. Hindari Hal Hal Yang Mengganggu

Menggunakan waktu secara efektif dan menghindari hal hal yang mengganggu seperti ngerumpi dengan karyawan lain, bermain smartphone hingga berselancar internet. Ada baiknya jika anda mengurangi kegiatan ini di saat saat jam sibuk dan lakukan pada waktu jam istirahat saja.

3. Bijak Dalam Menggunakan Teknologi

Memang sudah bukan rahasia lagi jika kaum milenial saat ini tak bisa lepas dari smartphone mereka, maka dari itu ada baiknya jika anda mematikan saja ponsel anda pada saat jam kerja agar terhindar dari terlalu asyik bermain sosial media dan chatting yang tidak berguna.

4. Istirahat Secukupnya Saja

Salah satu cara untuk mendapatkan waktu kerja yang efektif adalah dengan memanfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin. Memang makan siang bersama dengan teman – teman menjadi kegiatan yang sangat pas untuk anda lakukan pada saat jam istirahat, karepa pada saat makan siang ini anda bisa menambah energi dan juga semangat diri anda untuk bekerja namun ingat ya, begitu jam istirahat selesai, segera kembali ke kantor jangan larut dengan obrolan yang tidak penting karena waktu satu jam untuk makan siang dan bersosialisasi dianggap sudah cukup.


Jadi untuk menghondari diri dari jam lembur yang melelahkan anda bisa menggunakan kiat dan tips yang ada di atas, jangan biarkan diri anda tenggelam dalam pekerjaan sehingga tidak memiliki waktu untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga tercinta.

Berlangganan update Loker Terbaru Via E-Mail Gratis !

0 Response to "Tips dan Kiat Dalam Menghadapi Lembur dalam Bekerja Yang Melelahkan"

Post a comment

Silahkan berkomentar dengan Baik sesuai dengan Topik yang sedang dibahas. Pergunakan kata yang baku agar komentar mudah dimengerti. Dengan senang hati Admin akan membalas Komentar jika sempat. Terimah Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel