Mempersiapkan Diri Menjadi Pemimpi

Mempersiapkan Diri Menjadi Pemimpin

Jika menurut ahli karier, sebenarnya semua karyawan harus mempersiapkan diri untuk menjadi seorang pemimpin dikarenakan cepat atau pun lambat, terutama pada karyawan yang mempunyai potensi besar maka tak akan menutup kemungkinan jika suatu saat akan menjadi seorang pemimpin. Jika anda memiliki firasat bahwa anda akan menjadi seorang pemimpin nanti, maka anda bisa mempersiapkan diri mulai sekarang karena untuk menjadi pemimpin tentu saja tidak mudah.

Ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan untuk menjadi seorang pemimpin. Karena semua orang berkesempatan untuk menjadi seorang pemimpin maka ada baiknya jika anda mulai mempersiapkan diri menjadi pemimpin sejak dini  dengan memperhatikan beberapa poin di bawah ini.

1. Mempelajari Gaya Kepemimpinan Tokoh Penting
Yang pertama bisa anda lakukan adalah dengan mempelajari gaya kepemimpinan tokoh – tokoh yang anda kagumi terlebih dahulu lalu serap semua ilmu yang dimiliki dan hal hal positif yang dilakukan oleh tokoh tokoh tersebut. Namun hal ini bukan berarti membuat anda harus menjadi seperti tokoh idola anda akan tetapi tokoh pemimpin idola anda hanya akan digunakan sebagai pemacu semangat agar anda menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa menjadi pemimpin yang berkualitas sama hal nya dengan pemimpin idola anda.

2. Belajar Untuk Menghadapi Segala Kondisi dan Permasalahan
Berikutnya anda harus berusaha untuk belajar menghadapi kondisi di mana anda akan merasa tidak nyaman dikarenakan seorang pemimpin selalu dituntut agar siap untuk menghadapi kondisi apapun. Baik pada saat menyenangkan mau pun pada kondisi krisis. Seorang pemimpin harus mampu mengambil keputusan dalam segala kondisi termasuk pada saat kondisi paling krisis sekali pun, pemimpin akan dituntut untuk mengambil keputusan tersulit yang akan berakibat pada pekerjaan dan karyawan yang berada di bawahnya.
Sebagai seorang pemimpin yang baik jangan pernah sekali pun anda melarikan diri dari masalah dan berpikir jika anda tidak bisa melakukannya namun berpikirlah jika anda sanggup dan mampu untuk melakukannya.

3. Mengikuti Kursus atau Seminar
Dengan mengikuti kursus atau seminar singkat mengenai bidang yang belum anda kuasai bisa menjadi salah satu cara untuk menambah ilmu dan wawasan serta pengetahuan yang anda miliki. Selain itu anda akan menambah kepercayaan diri yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin.

4.Belajar Menghadapi Banyak Orang dan Tampil di Depan
Sebagai seorang pemimpin menghadapi banyak orang dan tampil di depan umum pastinya akan sering anda lakukan maka dari itu anda wajib untuk belajar tampil di depan banyak orang sesering mungkin dan menghadapi banyak orang. Rasa takut dan grogi saat pertama kali sangatlah wajar namun sebaai seorang pemimpin anda tidak boleh memiliki rasa ragu dan malu untuk berhadapan dengan banyak orang.

5. Mengerjakan Tugas dan Pekerjaan Dengan Baik
Sebagai seorang pemimpin anda wajib untuk mengerjakan setiap tugas dan menyelesaikan deadline dengan tepat waktu karena jika anda berada di dalam satu tim anda harus mengembangkan sikap kerja sama yang solid dan menghargai saran serta pendapat dari orang lain tapi anda juga tidak boleh ragu untuk mengemukakan ide serta pendapat anda pada orang lain ya.

6. Memberikan Energi Positif
Sebagai seorang pemimpin sudah sepatutnya anda memperhatikan rekan rekan kerja yang anda pimpin, bantu merekan pada saat mereka membutuhkan bantuan sebagai seorang pemimpin anda wajib untuk mengayomi dan memberikan rasa nyaman pada anggota lain dengan terus memberikan energi yang positif. Pemimpin bukan berarti membuat anda egois dengan hanya meminta anggota untuk melalukan semua perintah anda.

Nah, sudah tahu kan, apa saja yang harus anda perhatikan dan anda pelajari sebelum menjadi seorang pemimpin. Semoga dengan ini kelak anda bisa menjadi seorang pemimpin yang baik ya.

Berlangganan update Loker Terbaru Via E-Mail Gratis !

0 Response to "Mempersiapkan Diri Menjadi Pemimpi"

Post a comment

Silahkan berkomentar dengan Baik sesuai dengan Topik yang sedang dibahas. Pergunakan kata yang baku agar komentar mudah dimengerti. Dengan senang hati Admin akan membalas Komentar jika sempat. Terimah Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel